Bromo Atau Brahma Dewa Tertinggi Agama Hindu

Bromo Atau Brahma Dewa Tertinggi Agama Hindu

Bromo Atau Brahma Dewa Tertinggi Agama Hindu
Dewa Tertinggi Agama Hindu

Artikel ini mengenai Dewa Brahma dalam Hinduisme. Untuk konsep Tuhan dalam Hinduisme, lihat Brahman.

Menurut ajaran agama Hindu, Brahma (Dewanagari: ब्रह्मा; IASTBrahmā) adalah Dewa pencipta. Dalam filsafat Adwaita, ia dipandang sebagai salah satu manifestasi dari Brahman (sebutan Tuhan dalam konsep Hinduisme) yang bergelar sebagai Dewa pencipta. Dewa Brahma sering disebut-sebut dalam kitab Upanishad dan Bhagawadgita.

Kata Brahma memiliki arti : yang tumbuh, berkembang, berevolusi, yang bertambah besar , yang meluap dari dirinya. Dalam beberapa sumber, Nama Dewa Brahma diidentikan dengan nama Agni (api).

Kisah Kelahiran Brahma

Dalam Manusmrti (Manavadharmasastra) buku I sloka 9 disebutkan:

Tad andam abhavad haiman,

Sahasramsusamaprabham,

tasmin jajna svayam brahma,

sarva loka pita maha”

yang memiliki arti bebas: Benih menjadi telur alam semesta yang Maha Suci, cemerlang laksana jutaan sinar. Dari dalam telur itu Ia menjadikan dirinya sendiri menjadi Brahma, pencipta cikal bakal jagat raya ini.

Brahma dianggap sebagai perwujudan dari Brahman, jiwa tertinggi yang abadi dan muncul dengan sendirinya.

Menurut Kitab Satapatha Brahmana, disebutkan bahwa Dewa Brahma yang menciptakan, menempatkan, dan memberi tugas dewa-dewi lainnya.

Sedangkan dalam kitab Mahabharata dan Purana, dikatakan bahwa Dewa Brahma merupakan leluhur dunia yang muncul dari pusar Dewa Wisnu, sebagai pencipta dunia Brahma dikenal dengan nama Hiranyagarbha atau Prajapati.

Bromo Atau Brahma Dewa Tertinggi Agama Hindu